Diduga Kabur dari Marawi, Pemimpin ISIS ASEAN Isnilon Hapilon Takut Mati

 id pro ceme

JagadNews – Isnilon Hapilon, salah satu teroris dunia yang paling dicari diduga telah melarikan diri dari Kota Marawi setelah pertempuran berlangsung lima pekan. Hapilon merupakan pemimpin Abu Sayyaf yang dianggap Filipina sebagai pemimpin ISIS di Asia Tenggara atau ASEAN.

Kepala Komando Mindanao Barat Filipina Letnan Jenderal Carlito Galvez, mengatakan bahawa Hapilon tidak terlihat di zona perang di Kota Marawi.

Hapilon telah menjadi target utama militer Filipina sejak kelompok militan loyalis Islamic State (ISIS) menyerbu Kota Marawi pada 23 Mei 2017.

manis77.net

”Dia (Hapilon) belum pernah terlihat di daerah tersebut. Kami punya beberapa laporan bahwa dia sudah bisa menyelinap ke suatu tempat tapi sampai sekarang kami masih berupaya mengonfirmasi laporan tersebut,” kata Galvez dalam sebuah wawancara dengan radio dzBB, yang dilansir Philstar, Minggu (25/6/2017).

Ketika ditanya apakah Hapilon dalam pelarian, Galvez mengatakan; “Ya, ya, karena kabarnya dia menderita, banyak korban jiwa (dari kelompoknya). Sebagian besar kelompoknya, lebih dari setengahnya, adalah korban jiwa.”

Hapilon pernah terlibat penculikan tiga warga Amerika Serikat (AS) tahun 2001 dan beberapa warga asing lainnya di Filipina. Pemerintah AS telah menawarkan hadiah USD5 juta untuk informasi yang mengarah pada penangkapannya. Nama Hapilon juga masuk dalam daftar buron teroris paling dicari.

Ketika memimpin Abu Sayyaf, Hapilon telah bersumpah setia kepada kelompok ISIS yang berbuat kekacauan di Timur Tengah.

Militer Filipina mengatakan. kelompok Hapilon telah bergabung dengan kelompok Maute untuk menyerbu Marawi pada 23 Mei 2017.

gula77.com

”Operasi sedang berlangsung, tembak-menembak sangat kuat. Kami telah merebut wilayah yang cukup besar,” kata Galvez, kemarin sebelum pemberlakuan gencatan senjata delapan jam yang berlaku hari ini (25/6/2017). Gencatan senjata diberlakukan untuk memberikan kesempatan bagi warga Muslim di Marawi untuk merayakan Idul Fitri.

Sejak Marawi jadi medan tempur, hampir 300 militan dan 67 tentara Filipina tewas. Sebelumnya, Galvez mengumumkan bahwa dua bersaudara Maute Omarkhayam Maute dan Madi Maute diduga kuat tewas akibat dibombardir militer Filipina.

agen casino online terpercaya

One thought on “Diduga Kabur dari Marawi, Pemimpin ISIS ASEAN Isnilon Hapilon Takut Mati

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.